Bagaimana Cara Cari Duit Lewat Adsense

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan duit dari dunia maya. Asalkan kita tekun menjalaninya maka akan menghasilkan seperti yang kita harapkan. Sebelumnya blog Artikel Campuran sudah memposting tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari internet. Dalam postingan tersebut sudah dijelaskan bahwa ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mencari uang dari duania maya yakni: membuat toko onlinegabung di penyedia jasa adsense, dan jadi afiliasi suatu produk.

Untuk alternatif yang pertama yakni membuat toko online sudah kami ulas pada postingan yang berjudul “Cara Jual Beli Online Mudah dan Aman”. Nah pada postingan ini Artikel Campuran akan mengulas tentang alternatif yang kedua yakni “bagaimana cara cari duit lewat adsense”.


Sebelum membahas tentang cara cari duit lewat adsense, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu adsense. “Adsense” merupakan program kerjasama periklanan melalui media internet. Pemilik blog atau web akan bekerjasama dengan pihak penyedia jasa adsense. Jadi sebelum Anda memasang iklan di blog, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di penyedia jasa Andsense. Jika sudah diterima baru iklan Anda akan muncul di blog Anda. Apa yang anda lakukan agar diterima oleh penyedia jasa adsense?

Hal pertama yang Anda lakukan adalah jumlah pengunjung blog atau web anda harus tinggi. Kenapa harus tinggi? Karena banyak penyedia jasa adsense menerapkan sistem pay per click (CPC) atau bayar per klik. Artinya anda akan menerima bayaran jika ada mengklik iklan di blog Anda. Jika trafik blog Anda rendah maka rasio klik tayang (RKT) laman pada blog Anda juga akan rendah. Dari pengalaman yang saya alami yang pernah ikut program Adsense, RKT laman tertinggi yang pernah saya alami adalah 2%. Apa artinya RKT laman 2%?

Rasio klik-tayang (RKT) laman dapat didefinisikan sebagai jumlah klik iklan di bolg atau web dibagi dengan jumlah tampilan laman di blog atau web tersebut. Secara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut:

RKT Laman = (Klik / Tampilan laman) × 100%

Misalnya, jika Anda menerima 10 klik untuk 100 tampilan laman, maka RKT unit iklan Anda dapat dihitung yakni:
RKT Laman = (10/100) × 100%
RKT Laman = 10%

Sudah dapat Anda bayangkan apa artinya jika RKT laman blog Anda 2%. Dari 100 pengunjung hanya terjadi 2 klik. Dengan BPK seperti itu dan trafik pengunjung pada blog sangat rendah maka akan berdampak terhadap penghasilan pada blog Anda. Misalnya penyedia adsense membayar klik yang terjadi sebesar US$ 0,08. Jika blog Anda memiliki 500 pengujung per hari dengan BPK laman blog 2%, maka akan terjadi 10 klik dan penghasilan Anda dalam sehari hanya sebesar US$ 0,8 atau Rp 8.800 per hari.

Coba Anda bayangkan jika blog Anda memiliki pengunjung 25.000 perharinya. Dengan BPK laman 2% maka jumlah klik pada blog Anda sebesar 250 klik. Maka penghasilan Anda dalam sehari mencapai US$ 20,0. Maka dalam sebulan Anda akan mengantongi US$ 600 atau Rp. 6.600.000 (dengan kurs US$ 1,0 = Rp. 11.000).

Jadi, sebelum Anda terjun ke dunia Andsense pastikan blog Anda memiliki trafik yang tinggi sehingga jumlah klik yang terjadi juga akan tinggi walaupun BPK laman pada blog Anda sangat rendah. Bagaimana jika blog Anda memiliki trafik yang rendah? Apakah bisa menghasilkan uang? Jawbannya bisa. Untuk masalah bagaimana cara mencari uang dari blog dengan trafik yang rendah akan saya ulas pada postingan berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bagaimana Cara Cari Duit Lewat Adsense"

  1. wah saya juga lagi blajar gan, thanks infonya

    ReplyDelete
  2. terimakasih postingannya sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete

Komentar saya moderasi. Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi, tidak ada link aktif, dan isi komentar jangan di luar topik artikel.