Cara Cari Duit Untuk Blog Trafik Rendah

Seperti yang saya jelaskan pada postingan sebelumnya bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraup rupiah atau dolar dari dunia maya, yakni dengan membuat toko online, memasang iklan (adsense) dan menjadi afiliasi dari suatu produk.

Untuk membuat toko online dan memasang iklan (adsense), anda harus memiliki trafik blog yang tinggi, agar uang bisa mengalir ke rekening Anda setiap bulannya. Silahkan baca postingan Artikel campuran yang berjudul “Cara jual beli online mudah dan aman” dan baca juga “Bagaimana mencari duit lewat adsense”. Sedangkan untuk menjadi afiliasi dari suatu produk, Anda tidak harus memiliki trafik blog yang tinggi. Bagaimana cara kerjanya?

Cara Cari Duit Untuk Blog Trafik Rendah

Sebelum membahas cara kerja dari sistem afiliasi, Anda harus paham terlebih dahulu apa itu afiliasi atau iklan afiliasi. Iklan afiliasi merupakan bentuk lain dari iklan dan didasarkan pada komisi. Konsep dasar dari bentuk iklan ini adalah Anda mempromosikan produk atau layanan kepada orang lain sehingga orang tersebut mau membelinya dan Anda mendapatkan komisi dengan jumlah tertentu sebagai imbalan atas promosi yang Anda lakukan. Konsep ini sudah berkembang sejak lama dan dalam kehidupan sehari–hari kita mengenal adanya calo, makelar, broker atau perantara yang kesemuanya menerapkan cara afiliasi.

Makelar merupakan contoh aktifitas yang menerapkan cara afiliate dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ada orang yang akan menjual tanah. Kemudian Anda membantu orang tersebut untuk mendapatkan pembeli. Jika terjadi transaksi jual beli terhadap tanah tersebut oleh yang kita rekomendasikan, maka si pemilik tanah akan memberikan kita komisi dengan presentase tertentu.

Bagimana afiliasi ini bisa diterapkan melalui internet? Hal pertama yang Anda lakukan adalah Anda harus mendaftar pada penyedia jasa iklan afiliasi. Setelah kita mendaftar dan menyetujui persyaratan yang diminta oleh penyedia jasa iklan afiliasi maka pihak penyedia jasa afiliasi akan mengirimkan kode link khusus kepada kita melaui email yang dikenal dengan istilah “link afiliasi”. Tempatkan kode tersebut di blog atau web Anda. Pada saat orang lain mengunjungi blog atau web Anda dan mengklik link afiliasi serta terjadi transaksi jual beli maka penyedia jasa afiliasi mencatat bahwa transaksi tersebut berasal dari promosi web Anda dan Anda yang berhak mendapatkan komisi atas transaksi yang terjadi. Dalam memberikan komisi, pihak penyedia jasa afiliasi memberikannya dalam bentuk presentase dan biasanya kisarannya 5% dari harga penjualan.

Dengan menggunakan sistem ini Anda tidak perlu harus memiliki pengunjung blog atau web dengan trafik yang tinggi. Misalkan blog Anda memilik pengujung 5 orang per hari, maka dalam sebulan blog anda akan dikunjungi sebanyak 150 orang. Dari 150 orang tersebut ada 4 orang yang membeli produk dari blog Anda. Jika dalam blog Anda membahas seputar gadget misalnya laptop dengan harganya mencapai rata-rata Rp 10.000.000,00 dan komisi yang diberikan sebesar 5% maka besarnya komisi yang Anda dapatkan yakni:
=> Komisi = Harga barang × persentase komisi
=> Komisi = Rp 10.000.000 × 5%
=> Komisi = Rp 500.000
Jadi dalam sebulan Anda akan mendapatkan komisi kurang lebih Rp 2.000.000,00 dengan asumsi bahwa terjadi 4 kali transaksi jual beli melalui blog Anda.

Jika Anda serius menggeluti iklan afiliasi, Anda harus memiliki keahlian memasarkan suatu produk melalui blog, mampu mempresentasikan produk dengan baik di blog dan mampu menentukan target atau sasaran dari pembeli itu sendiri lewat internet, sehingga pembeli akan tertarik membeli produk dari blog atau web yang jadi rujukan kita.

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Cara Cari Duit Untuk Blog Trafik Rendah"

  1. wah keren gan , patut dicoba nih
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan atas kunjungannya. Silahkan dicoba, semoga berhasil. Salam kenal balik gan.

      Delete
  2. Solusi yang cukup menarik, bisa dicoba nih bagi para blogger pemula dengan trafik kunjungan rendah. Btw, ma kasih banyak buat infonya yach...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan sama-sama. Terima kasih atas kunjungan baliknya.

      Delete
  3. blogku trafiknya masih dikit banget tuh, di bawah 100 perhari. Itu aja dari hasil share ke sosial media. Gimana tuh? Bisa gak? Gimana cara monetisasi yang tepat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan atas kunjungan baliknya. Walaupun trafiknya rendah bisa kok dimonetisasi asalkan targetnya tepat. Walaupun blog trafiknya sangat tinggi tetapi targetnya tidak tepat juga tidak akan menghasilkan apa-apa. Saya lihat banyak blog-blog yang berhasil mendapatkan duit walaupun memiliki trafik yang rendah.

      Delete
  4. saya rasa untuk cara cari diut melalui blog itu kuncinya adalah visitor. mau main PPC, affiliasi ataupun program lain akan lebih baik jika visitor banyak. Jadi akan lebih baik jika blog dengan trafik yang masih sedikit itu ditingkatkan dulu trafiknya. konsentrasi pada trafik lebih dahulu daripada memikirkan cara mencari uangnya. Apapun jika visitor udah tinggi pasti enak. tapi kalo blog juga visitornya masih dikit tapi udah memikirkan cara untuk mencari uang melalui blog tersebut yang ada malah kecewa karena hasil yang belum maksimal. dan blognya sendiri malah tidak terurus. Makasih udah share. blognya bagus kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar sekali itu. Ada yang bilang bahwa visitor adalah Raja. Tetapi untuk yang ingin mencari uang dengan blog yang memiliki trafik rendah ya seperti yang saya ulas di atas solusinya. Tetapi alangkah baiknya kalau trafiknya ditingkatkan agar hasilnya lebih masimal. Terima kasih gan atas saran dan masukannya.

      Delete
  5. wah, mantap gan, saya coba dlu ni gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses gan. Maaf lama tidak dibalas komentarnya. Maklum blog ini lama tidak terurus dan sampai sekarang pun masih belum diurus. Hehehe

      Delete
  6. Memang agak susah untuk dapet dollar jika visitornya ga banyak, tapi boleh juga cara diatas tadi, makasih infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya. Lebih tepatnya dapat dikatakan bahwa pengunjung adalah uang, semakin banyak pengunjung makin banyak uang.

      Delete
  7. wah susah mas percaya sama program afiliasi,,
    menyedihkan sekali...saya udah coba berkali2 termasuk afiliasi di lazazaza tuh .. hmm masak iyha visitor 500an tiap hari tapi sebulan gak dapet komisi. kan konyol. ahahahaha
    yha insyaallah akan datang program afiliasi yang bener2 jujur, amiiin

    ReplyDelete

Komentar saya moderasi. Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi, tidak ada link aktif, dan isi komentar jangan di luar topik artikel.